TIPS MENANG LOMBA FOTO INSTAGRAM

TIPS MENANG LOMBA FOTO INSTAGRAM


Haii Guys...



Kali ini aku mau berbagi tips alias strategi yang mungkin bisa membantu kalian yang hobinya foto-foto. Jaman sekarang instagram menjadi media yang paling mudah dan paling banyak digunakan untuk berbagi momen, tak kecuali mengiklankan produk tertentu dengan mengadakan lomba foto. Nah, kalau udah sering ikut lomba foto tapi belum menang, jangan sedih, jangan nyerah, coba lagi, lihat peluang yang ada. Gadget nggak masalah, kalau sekarang belum bisa eksplorasi dengan gadget, coba mainkan ide kreatifmu, coba cari sudut terbaik, gak perlu harus 'blur' buat dapetin foto kece (walaupun gadget / jenis kamera juga berpengaruh). So, ini dia startegi alias tips dari aku  , kuy simak ya !

1. Cek syarat yang diperlukan dalam lomba
Ini nih yang paling umum, cek dulu semua persyaratannya, jangan sampai ada yang ketinggalan. Biasanya pihak panitia menggunakan tagar/hastag khusus untuk lomba, oh ya jangan di private ya akun kalian

2.Foto harus sesuai tema
Tema lombanya kuliner asli Indonesia, kok yang diikutin foto potrait cewek seksi, hemm... gak nyambung deh

3. LIHAT PELUANG
This is the most important thing I learn. Someone say to me, orang yang sukses adalah orang yang bisa memanfaatkan peluang jadi kesempatan. Maksudnya gimana sih ? Kaya aku kemarin, ada lomba foto tentang kehutanan. Kebetulan banget memang jurusan kehutanan dan suka foto-foto, jadi ada foto dari PKL yang nyambung dengan tema. Ikutan deh..
Jangan lupa lihat berapa orang yang udah ikut foto dan amati foto-foto mereka. caranya cek aja di hastag lomba foto itu.Kalau kira-kira info lomba ini masih sedikit yang tahu, masih sedikit yang ikutan, ayo ikut aja !

4. Jangan takut ambil resiko
Pengen ikut foto, eh ternyata harus bayar. Duh, males deh ya..
pertama aku juga mikir gitu sih, tapi setelah ngelihat peluang yauda deh gakpapa, misal kamu harus bayar 50 ribu, tapi kamu udah melihat peluang kamu menang dan hadiahnya lumayan gede, gakpapa inves aja. Coba..

5.Ambil tema yang berbeda dengan yang lain
Bukan berarti nggak masuk tema loh, maksudnya idenya. Kaya kemaren waktu lomba tentang forest for future, aku ngeliatin nih yang pada ikutan temanya hampir sama yaitu tentang menanam, hampir kebanyakan tentang konservasi, so aku ngambil tema yang bersebrangan, yaitu pemanfaatan hutan yang juga bisa memberikan manfaat buat manusia. Well, I got first winner karena juri ngelihat ide yang berbeda itu. alhamdulillah.. nah itu aku ngambil gambarnya pakai kamera prosumer loh, enggak pakai DSLR ,atau mirrorless ( belum bisa pakenya hehe)

6. Bikin Caption yang menarik
Foto keren tapi caption-nya biasa aja kadang bosen kjuga. Coba kamu kasih keterangan di foto, yang semenarik mungkin. Ini bakal jadi niali tambah juga

7.Upload foto di hari mendekati akhir periode
Saking banyaknya yang ikut, foto kamu pasti bakal ketimpa dan bisa jadi paling bawah, kecuali kalo ternyata foto kamu jadi 'Top Post'-nya di lomba itu.
Nah, ini tips tapi gak disarankan buat kamu yang pelupa. Eh mau upload mendekati penutupan, ternyata malah kelupaa. Hilang deh kesempatan


So Guysss.. uvi bukan ahli masalah beginian, cuma suka aja foto-foto dan ngerasa tips ini mungkin bermanfaat hehe. Kalau bisa sih jangan cari lomba foto yang pemenangnya berdasarkan likes terbanyak, soalnya kurang objektif gitu (menurutku). Bisa aja foto kamu keren tapi ada orang yang lebih gaul (padahal fotonya biasa aja) dan punyak banyak temen yang ngelike. Lagian skrang juga rawan pakai panel like, bisa tuh beli likes..suka ada yang promo.
Oke.. aku juga baru pertama kali ini menang lomba (setelah sekian kali ikut), dan bakal tetep terus belajar... Semangat ya !



(by the way ini foto yang menang lomba kemaren)

"Seseorang petugas barking sedang menguliti kayu di salah satu IUPHHK di Kalimantan Timr. Barking berguna untuk mencegah log dari kebusukan dan serangan hama penyakit"


Komentar

  1. "Seseorang petugas barking sedang menguliti kayu di salah satu IUPHHK di Kalimantan Timr. Barking berguna untuk mencegah log dari kebusukan dan serangan hama penyakit"

    Inikah caption nya...?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kembang Ilalang di Padang Gersang

Kisah pkl (Tulisan ini telah dipublikasikan di laman web National Geographic Indonesia sebagai kompetisi cerita “Travel Mate” yang diadakan oleh NatGeo Indonesia)