kisah pkl (part 1)

Praktek Kerja Lapang di PT Inhutani I UMH Meraang, Berau, Kaltim

Satu tahun lalu jam segini mungkin lagi kucel-kucelan kena debu jalan utama di tengah hutan. Kalo ngomongin PKL kemarin, rasanya gak ada habisnya. Saking serunya, saking senengnya, sampe kelupaan kalo laptop ilang disana. Mungkin semua kebahagiaan itu harus dibayar dengan kehilangan kali yaa hehe..
Banyak banget cerita disana, petualangan, persahabatan,cinta, eaa.. Cinta tentang alam sih maksudnya :D
Inget pagi-pagi jam 7 udah harus siap, bawa bekel nasi, mie, ikan asin buat seharian cruising di tengah hutan. Awal Februari tahun kemarin, berangkat dari Soekarno Hatta, kami berlima bertekad buat mencari ilmu di tanah borneo. Dengan diketuai Yudha, tim kami berangkat dan transit dulu di Bandara Sepinggan Balikpapan, lalu bandara Kalimarau, ( brrr, seketika memori tentang kejadian itu terbayang di kapala). Kadang ya, hal yang bikin kita sedih waktu diinget-inget itu kenangan yang manis,bukan yang pahit karena kita tahu itu cuma terjadi sekali dan gak bakal keulang lagi.
Meraang, Berau, pertama denger nama kota itu dari kakak kelas yang tahun lalunya PKL juga disana. Lebih dari yang dibayangkan, Meraang itu indah banget. Super !
Kita dijemput sama Pak Joko ( Manajer UMH Meraang ) dan Pak Sutiono ( yang sekarang masih sering bbm-an). Inget banget, siang itu Meraang mendung, gerimis. Mampir dirumah makan, kami lahap menyantap ikan bakar karena memang kami lapeer banget. Kami tinggal di rumah dinas Pak Joko yang gak begitu jauh dari kantor.
Oh yaap, disini Uvi bakal berbagi cerita PKL lewat 2 versi, satu versi travel blogger, satunya versi curhat wkwkw. Kalo yang ini versi curhat ya :p
Baru dateng beberapa hari, kami langsung dianter ke tengah hutan banget buat ikut tim crusing. 10 hari di dalam hutan. Tinggal di camp yang super sederhana, tidur beralaskan karung pupuk, dapur dan kamar mandi darurat, oke sip kami langsung terjun kesana. Inget banget, sore itu Gina teriak-teriak karena ada pacet di punggungnya. Daaaaan pacet itu lebih besar dari yang biasanya, kayaknya pacetnya udah nyedot seperempat darah Gina deh hahaha. Lucunya, si Elsa ngusir pacetnya pake korek, panas dong punggungnya Gina. Si Gina sampe nangis gak karuan. Crusing itu ternyata capek banget. Bolak balik 2 kilometer tiap hari sambil inventarisasi pohon-pohon yang ada di jalurnya. Ah, kayaknya ntar cerita PKL perlu dibikinin label sendiri deh saking banyaknya yang mau diceritain. Para pekerja disana juga sambil nyari gaharu. Gaharu mahal banget kalo dijual apalagi kualitas yang paling bagus.
Ada 4 bagian yang kita pelajari. Perencanaan hutan, pemanenan hutan, pembinaan hutan dan soseknya. Crusing termasuk ke perencanaan hutan.
Sebenernya, hal-hal resmi yang berkaitan dengan PKL kita udah dibahas di laporan ( nanti bakal di post juga ). Sekarang mending ceritain bagian seru-serunya kali yaa :D
Di rumah Pak Joko, kami dikasih duit buat belanja sayuran dan masak sendiri loh. Elsa yang tomboy gitu ternyata jago banget masaknya, aku sama Gina cuma tim penggembira dapur ajalah ahaha. Si angga sama yuda juga bantuin masak. Ah, jadi inget kan biasanya kalo pagi si Yudha tugasnya bikinin teh anget, Angga buang sampah, si cewek bertiga masak-masak di dapur.
Oh ya, Pak Joko juga tiggal serumah sama Aji. Dia cowok keturunan bugis gitu yang merantau di Berau dan kerja di kantor  Inhutani Meraang juga. Dia tiga tahun dibawah kita sih umurnya, masih muda. Pagi-pagi masak sekalian buat bekal makan siang di kantor.
Kalo solat dhuhur di masjid deket kantor, ada banyak anak-anak kecil yang pada mau ngaji, di sampingnya ada warung juga dan ada anak kecil cowok ganteng banget, arab mukanya. Ya Allah, rasanya setiap detail Berau Uvi masih inget aja :’)
Kalo weekend biasanya kita muter-muter Berau, Tanjung Redeb ding. Eh masak gak sengaja Uvi ketemu temen sd yang menikah dan menetap disana, si Solehah. Ketemunya juga ga sengaja di pasar malem. Di Tanjung Redeb ada juga toko baju loak gitu, kami kemaren beli sih buat ganti-ganti di hutan, buat ngelapang. Malem hari, kita juga sering nongkrong di Tepian, tempat buat duduk-duduk di pinggir sungai dan banyak penjual makanan, yang paling khas, minuman kaya bajigur yang namanya sarabba. Seger !!
Waktu kegiatan pemanenan hutan, kita tinggal di camp km 0. Disana ada Bu Ratna juga sama Pak Jun, Bu Ratna nyiapin masakan buat kita. Favorit Uvi sih, sayur bening sama ikan goreng sama sambel. Enaak banget. Kita juga diajarin bikin pisang goreng yang dcolekin ke sambel, apa tuh namanya gak tau ehhe.
Pernah juga hari Minggu pas ga ada kegiatan kita piknik, nyemperin temennya Bu Ratna di daerah km 0, naik sampan, bawa rantang, bikin es kelapa..
Malem-malem biasaanya nonton  academy, di luar juga sering ngeliat bintang. Dari km 0 langitnya cerah banget bisa liat rasi-rasi bintang.
            Yaampun, kapan bisa kaya gitu lagi L L L
Di camp km 0 masih mending bisa nonton tv, ngecharge hp, pas binhut di km 12 apa ya apa 20 disana gak ada listrik. Penerangan seadanya, kita tinggal di pos pemantauan, mandi di sungai tanpa ada terpal penutup pun. Tapi sungainya bening banget, mandi, nyuci disitu semua. Yah, hampir lupa kan ceritain.
Beruntung banget, disana ada kerantungan yang lagi musim berbuah. Tiap pagi kita nyari kerantungan , bawa karung , makan sampe eneg. Si Gina sama Angga gak suka durian sih, habis deh sama kita bertiga. Kerantungan kecil-kecil tapi manis parah, durinya tajem-tajem, tumbuh di pinggir sungai. Pas kita kesana sekalian deh main air, habis bening banget airnya. How amazing !
Di pos kita juga biasa main kartu, coret-coretan muka pake bedak kalo kalah.
Kadang, tiap hari Minggu kita main ke rumah Pak Joko di Kalimantan Utara.
Bakal diceritain di part selanjutnya yah, khusus visit Kaltara. Ehhe
Satu hal lagi yang paling seru, kita main ke Derawan, pantai iconik Kaltim. Dulu Labuan cermin belum hits sih . Pengen maen ke Kakaban tapi belum diasih kesempatan. Insyaallah one day J

Makasih banget buat tim PKL, makasih banget buat Angga sahabat aku yang udah ngejagain selama disana ( katanya amanah si Ima), buat Yudha juga ( kapan kita bisa ketemu lagi ya Yud, kemarin ga sempet main ke rumahmu di Paser), Gina yang klop banget kalo soal menggila, Elsa si cewek Strong yang berhati lembut ( semaleman nonton drama korea nangis ) ahahha. Makasih buat segenap keluarga Inhutani UMH Meraang yang udah menyambut kami dengan sangat hangat.
Semoga kelak kita bisa ketemu lagi. Amin ya Allah...

Coba engkau katakan padaku
Apa yang seharusnya aku lakukan
Bila larut tiba wajahmu terbayang kerinduan ini semakin dalam
Kapan lagi kita akan bertemu meski hanya sekilas kau tersenyum
Kapan lagi kita nyanyi bersama


So here we stay in our secret place
Where the sounds of the crowd’s so far away
And you take my hand
That’s feel like home
I always look back as I walk away
This memory will last for ethernity



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENANG LOMBA FOTO INSTAGRAM

Kembang Ilalang di Padang Gersang

Kisah pkl (Tulisan ini telah dipublikasikan di laman web National Geographic Indonesia sebagai kompetisi cerita “Travel Mate” yang diadakan oleh NatGeo Indonesia)