Mengenang....

Selamat tanggal 13 Juni ya.. Ini pertama kita tak bertemu di hari jadimu.
Ke berapa ? 22 yaaa ?
Aaah..usia yang sudah matang sepertinya, semoga kedewasaanmu bertambah.
Apa kau ingat dua tahun lalu ? Saat itu aku ingin memberiku kejutan di tanggal ini. Aku memintamu menjemputku waktu kumpul OMDA. Disana aku telah menyiapkan sebuah kejutan untukmu, aku bahkan memberitahu teman-temanmu untuk hadir juga. Ada adik kelas kita yang baru saja masuk ke kampus ini, angkatan 49.
Lalu kau memberikan potongan kue pertama ( martabak manis ) kepadaku. Aku baru ingat waktu itu kau menyuapkan kuenya dan bilang ,” Ini untuk pacarku yang paling cantik, “
Ada adik-adik kita disana, sungguh aku tak menyadari telah memberikan contoh yang buruk kepada mereka. Dipikiranku, saat itu merupakan momen terindah yang super istimewa, sebelum ada kejadian yang membuatku kecewa padamu. Ingat kah?

Di perjalanan pulang kau memarahiku, aku memang sudah berjanji tidak akan bilang ke siapapun terutama teman-temanmu jika hari ini kau ulangtahun, karena mereka akan “menjahilimu” separah mungkin, mengerjaimu habis-habisan. Tapi kulakukan itu semua agar banyak yang datang, sahabat2mu, pasti kau sangat senang.
Lalu sepanjang jalan aku terdiam, menangis. Betapa kau tidak menghargai apa yang aku lakukan untukmu. Rangkaian bunga yang kubuat dengan susah payah disaat kondisi badanku sedang buruk. Kado-kado itu, kejutan itu. Tapi kau malah memarahi aku. Itu kali pertama aku kecewa hingga akhirnya kau meminta maaf atas kesalahanmu.

Tahun berikutnya, kita bertemu. Lucunya, kau yang memberikanku kue, bukan sebaliknya. Kau memberiku sekotak brownies lezat itu di hari ulang tahunmu. Tanggal 13 itu, aku  tak memberimu kejutan, hanya kado kecil.

Sekarang, aku bahkan belum bertemu dengan mu sejak empat bulan lalu. Tepat empat bulan. Tahun ini aku juga tak terfikir untuk memberimu kejutan atau pun hadiah.
Aku sudah berjanji pada diriku sendiri untuk tetap menjaga silaturahmi kita.
Tapi mulai tanggal 13 Juni tahun ini, dan mungkin tahun-tahun berikutnya, akan ada hal yang berbeda. Ucapan ulang tahun yang berbeda, panggilan yang berbeda, frekuensi komunikasi yang berbeda, hari-hari yang juga berbeda.

Selamat ulang tahun, Kakak terbaikku.
Selamat ulang tahun teman paling seruku.
Selamat ulang tahun seseorang yang pernah ada dihati ini untuk sekian lama.


Aku menunggu, menunggu skenario Allah selanjutnya untuk kita. Akan kah aku akan kembali di kehidupanmu tanggal 13 Juni beberapa tahun lagi, atau bahkan sama sekali lupa dengan tanggal ini.
Doaku selalu bersamamu.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENANG LOMBA FOTO INSTAGRAM

Kembang Ilalang di Padang Gersang

Kisah pkl (Tulisan ini telah dipublikasikan di laman web National Geographic Indonesia sebagai kompetisi cerita “Travel Mate” yang diadakan oleh NatGeo Indonesia)