The most-so sweet story of the history ! My small family

Akhirnya..bisa online juga. Udah pengeeeen banget nulis dari kemaren. Nulis apa aja. 
Kemaren si ibu sms-in mulu "sekarang sibuk banget ya, kok gak pernah sms ibu" padahal mungkin baru dua hari aku nggak kasih kabar. Begitulah caraku berkomunikasi dengan ibu. Ibu yang di Purworejo, dan aku yang berada di Bogor selalu berkirim pesan lewat teknologi Short Message Service. Terkadang ibu juga sering menelpon sekedar bertanya anak perempuan satu-satunya ini sedang apa. Oh Tuhan, ibu selalu menjadi orang nomor satu yang dirindukan.
Entah kenapa tiba-tiba terbesit di pikiran Kalau sudah menikah nanti, akankah ibu tetap mengingatkanku untuk makan? 


Sambil nulis ini, ga terasa mata berkaca-kaca. Semenjak kuliah di Bogor, semenjak itulah aku mulai membiasakan diri tanpa ibu. Jika teringat saat-saat di rumah, rasanya pingin banget pindahin kampus ke samping rumah, biar tiap hari bisa pulang.

Waktu SMA dulu, malem-malem saat aku lagi ngerjain tugas dan gak sempet makan, ibu yang selalu nyuapin meski untuk masuk ke mulut ini aku agak ogah-ogahan. Jika sedang belajar, ibu sering mengantarkan teh hangat ke kamar. Pagi hari, karena sekolahku masuk jam setengah tujuh dan aku terburu-buru, ibu yang siap menyeterika baju. Ibuku ini luar biasa loh kawan. Ibu memang gak bisa berdiam diri di rumah, jadi keluarga kami membuka toko jam dengan dua karyawan. Kecil sih, tapi alhamdulillah selalu mencukupi. Pada sore hari setelah ayah pulang dari kantor, ayah datang untuk menjemput ibu di toko. Ibu juga sering sekali mengingatkanku untuk bersedekah, katanya " ojo eman-eman go sedekah yo, Nduk "
setiap hari ibu juga selalu menyisihkan penghasilan hari ini untuk simpanan zakat mal. dan ini yang membuatku bangga memiliki seorang ibu yang begitui hebat !

mengapa aku bercerita tentang Ibu ? yah. karena jujur saja aku memang lebih dekat dengan ibu daripada dengan ayah. Hehe

Berhubung Bogor-Purworejo memang cukup jauh ( 14 jam dengan bus ), aku pulang hanya disaat liburan panjang, hem, minimal 5 hari lah. Di rumah, saatnya aku bisa bermanja-manjaan dengan ibu. Ibu biasa memintaku untuk memijat beliau (pijatanku enak sih, mantep.wkwk), sehabis itu aku pasti bakal sandar-sandaran ke ibu sambil cerita-cerita. Beliau uga sering membelai kepalaku, dan ketika aku minta untuk didoakan, ibu membaca al fatihah lalu meniupkannya ke dahiku. Oh... Gak ada yang lebih so sweet di dunia ini selain kasih sayang ibu. Terkadang ibu sering mengomel, karena mungkin lelah juga bekerja seharian, belum lagi mengurus rumah. Aku hanya diam dan mengikuti saja apa perintahnya, bahkan aku malah meledeknya jikalau sedang marah. Dulu, sewaktu SMA, sewaktu satu rumah, aku tidak sedekat ini dengan ibu. Aku bahkan sangat-sangat ngeyel, diperintah pun masih suka membantah. Sering juga aku terlibat pertengkaran dengan ibu. Masih ingat sekali, aku pernah menangis semalaman dan ngambek dengan kedua orangtuaku, saat aku tidak diizinkan untuk touring dengan anak sekelas sewaktu SMA. aku membuat ibu menangis dan saat itu, memang sedang labil sih, aku gak merasa bersalah juga. Ya ampun, sekarang aku tahu gimana rasanya memiliki seorang anak perempuan yang sedang beranjak dewasa, satu-satunya pula. Kata ibu, touring dengan motor itu sangat berbahaya. Padahal waktu itu kita mau ke Dieng. Maafin ya, Bu :)

Ibarat kata, ibu itu orang yang rela gak makan demi anaknya. Kalau ada makanan enak, pasti anaknya dulu nih yang diinget. Ibu bahkan sangat tahu apa-apa yang aku inginkan.

Kalau ayah, haduuuh. Ayah punya buanyaaak sekali peliharaan berupa burung di rumah. ayahku ini sedikit kaya anak kecil. Sungguh perpaduan yang sangat kontras, disini juga kita bisa ngelihat keajaiban jodoh. Dimana ayahku yang keras ini dipertemukan dengan ibu yang amat sabar !
Ayah, Kalau lagi suka apa gitu, dibeli sampe berjibun, lalu ditinggalin aja kalo udah ga suka. Kaya jaman anthurium dulu, aku sampe nemenin ke Banjarnegara buat beli anakan anthurium (tanaman hias ) yang hitungannya masih 2-3 daun udah ratusan ribu. Waktu di rumah yang dulu ayah sampe bikin nursery, ampun dah. Sampe hafal aku. ada gelombang cinta, jenmanii, black beauty, red sumatera, hookeri dan sejenis itulah. Sekarang anakan-anakan itu udah pada gede-gede dan sebagian besar banyak yang mati. Sumpah ye, kalo sekarang booming lagi dan dijual, udah bisa bikin musjid ane ! wkwkw . Nyumbang buat pembangunan masjid maksudnya :p
Waktu lagi suka dengan batu-batu indah, ayah juga beli banyak. Dan sekarang pada hilang gak tahu kemana. Kalo sekarang ini, kalo kalian berkunjung ke rumahku, udah berasa Taman Burung. Ada 40 lebih burung di rumah. Ya Allah, rumahku kotor banget -___-
katanya ayah mau bikin peternakan burung di belakang rumah. Diihh. liat aja besok.

aku juga punya seorang adek yang superganteng dan endemik loh. Hahaha
Kalo lagi jalan bareng dikira pacarnya.

Namanya Ilham, sekarang kelas dua SMA. Rupanya adikku ini ingin mengikuti jejakku untuk bersekolah di SMA yang sama. Adekku ini yah, penuruut banget dan rajin menabung ! Beda banget sama kakaknya yang ekstraboros. Dulu waktu dia SMP, dan aku masih SMA, adekku ini gak tinggal serumah denganku. Karena dulu dia bersekolah di islamic boarding school, semacam sekolah taraf smp sekaligus pondok pesantren loh. Dan dia juara kelas terus. Saat kami menengoknya di pondok, biasanya ibu selalu memberi uang. Nih ya, kalau dia butuhnya cuma 10 ribu, dikasih 50 ribu dia nolak. " Aku cuma butuh segini kok Bu"
hadeeuh, seneng tuh yang jadi isterinya besok, bisa nyimpen duit. Kalau dikasih uang selalu dikumpulkan, beli hape, laptop pakai uang tabungan, ayah ibu tinggal nambahin. Gak aku banget itu. Sekarang di SMA dia menjabat menjadi ketua rohis,jadi malu nih. Kata orang, kita sangat bertolak belakang. Adekku pendiem, ga banyak omong, kalo aku cerewetnyaaa minta ampun. Bahkan ibu sendiri pernah bilang kalau sampai kapan pun aku ga bisa kalem. Wah, udah disumpahin tuh.wkwkkwkw

finally, pokokny, intinya, aku sangat bahagia punya keluarga kecil ini. Aku selalu bersyukur kepada Allah, karena alhamdulillah aku dilahirkan dari keluarga muslim yang cukup taat. Selalu ada cara untuk mensyukuri hidup dan menikmati karunia Allah. Hal sekecil apapun, yang kadang tak pernah terpikir.

Terimakasih ya, Rabb untuk segala karuniamu yang begitu indah *sambilnyanyi-Begitu Indah 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENANG LOMBA FOTO INSTAGRAM

Kembang Ilalang di Padang Gersang

Kisah pkl (Tulisan ini telah dipublikasikan di laman web National Geographic Indonesia sebagai kompetisi cerita “Travel Mate” yang diadakan oleh NatGeo Indonesia)