Serunya berwisata ke hutan sungguhan !

selamat malam readers..
mau berbagi cerita nih tentang pengalaman uvi waktu praktikum lapang. Kalo yang ini namanya PPEH, atau kependekan dari Praktek Pengenalan Ekosistem Hutan. Mata kuliah yang bobotnya hanya 1 sks (but costs so much money -_- ) ini wajib diambil oleh mahasiswa fahutan pada peralihan semester 4-5 looh
 Ada 5 jalur yang telah ditentukan, dan setiap mahasiswa mendapatkannya secara acak :D
Jalur yang uvi dapetin merupakan salah satu jalur favorit nih selain jalur Papandayan, namanya............tara ! Cagar alam
Pangandaran - Suaka Margasatwa Gunung Sawal.
Kita berangkat dari kampus tercinta  pada tanggal 26 Juni 2013 sektar pukul setengah delapan pagi dan sampai di Pangandaran sekitar pukul setengah delapan malam. 12 jam looh ! Nah, sebelum sampai mes, kita disambut dulu ama pihak Balai besar Konservasi SDA-Jawa Barat, dan itu kita sudah capeeek bangett karena selain perjalanan jauh, kita juga membawa carrier yang super berat :D
ini tempat pertama kali kita melengkahkan kaki di pangandaran

~Hari pertama~
Hari ini kita melakukan analisis vegetasi di hutan dataran rendah yang lokasinya tidak jauh dari mes :D

~Hari kedua~
The second day we went to Pasir Putih Beach to analyze the vegetation founded there. It was so beautiful-awesome-amazing-and wonderful place guys ! Disana kita juga nemuin tando atau flying lemur, salah satu mamalia nokturnal yang langka dan mirip seperti bajing terbang

diatas pohon waru laut nihh

foto yang didapat dari kamera teman saya

~Hari ketiga~
Ini baru fahutan.. Hari ketiga kita ke Batu Karas dengan naik truk sekitar 2 jam-an untuk melakukan praktikum di hutan mangrove. Dan, surprisingly airnya lagi pasang.. begini nih jadinya

bersama kelompok saya ( III B)

~Hari keempat~
 Hari keempat kita ada finishing laporan dan evaluasi, dan keesokan harinya kita move ke Gunung Sawal untuk melakukan praktek disana.. perjalanan dengan truk sekitar 6 jam dan sepanjang perjalanan kita terus menyanyi..sya la la

Di Gunung Sawal kita menginap di rumah bapak mantan kades( selama 5 tahun fahutan ipb menginap di tempat tsb). Bapak dan ibunya baiiiik banget, kawan. Masakannya enak pula. Kalo di Pangandaran kita biasa makan nasi bungkus, kalo disini kita dimasakin langsung. Makanan rumahan itu...ajiblaah :D

~Hari pertama di Gunung Sawal~
Buat saya, ini nanjak yang seruu dan cukup melelahkan karena saya sendiri kurang melakukan latihan atau olahraga sebelum PPEH ini, jadi ya lumayan kaget lah..
Ekosistem yang diamati yaitu ekosistem hutan tanaman, tanaman pinus di ketinggian sekitar 1300 mdpl.

~Hari kedua~
Ada dua ekosistem yang diamati di hari kedua yaitu hutan pegunungan bawah dan hutan pegunungan tengah. Setelah praktikum selesai, kami diperbolehkan kembali ke penginapan atau meneruskan pendakian ke uncak.Waw... itu puncak pertama saya ! ditemani pak polhut dan kaka asprak, alhamdulillah kita sampai di puncak dgn selamat..
disana kami menemukan kolam jodoh looh

Hari ketiga kami menyelesaikan laporan. Dan.. inilah laporan 'semi-akhir' yang membahas perbedaan setiap ekosistem mulai dari ekosistem hutan dataran rendah sampai ekosistem pegunungan menengah.
jenis tumbuhan yang mendominasi tiap ekosistem yaitu:
-hutan dataran rendah : ki besi
-hutan pantai : bayur
-hutan mangrov : pedada&api-api
-hutan tanaman : pinus
-hutan pegunungan bawah : huru&pasang
-hutan pegunungan menengah : huru&pasang

Pokoknya, PPEH 2013 mantaaaaap abiiiisss !

foto selengkapnya bisa dilihat di : http://www.facebook.com/uvi.forester/media_set?set=a.632588943420583.1073741829.100000084484618&type=3