DIARY BIRU, UNTUK AKHIR KELABU

waah..tiba2 aja nemu file cerpen ini di laptop kesayangan.. udah lama bt dibikinnya.. baca yaa =D

Diary Biru, untuk Akhir Kelabu



Udara panas menyengat. Terik mentari yang memanggang kulit itu terabaikan. Kami, murid – murid kelas XI lagi pada asyik ngobrolin rapor kenaikan kelas. Suasana riuh dan tentunya gokil bener- bener terasa di kelasku, XI IPA 4.

“ Na, lo dapet rank berapa ? Jumlah lo ? kalo punya gue seribu lima ratus tujuh puluh empat…..Gue dapet peringkat  empat nih…” cerocos Eva,
temen sekelasku yang emang lebay abis.
“ Gue…..Gue rank dua,Va. Hiks hiks……..” sahutku lemas. Biasanya aku selalu dapat peringkat satu di kelasku. Guru-guru aja udah pada kenal sama aku. Secara, dulu waktu semester pertama aku pernah menang juara 1 Story Telling tingkat provinsi.Ha ha…
Aku emang menonjol dalam mapel satu ini, Bahasa Inggris. Tentu saja guru fave-Q Pak Erdo. Guru Bahasa Inggris. Orangnya asyik, lucu, serius tapi sante, pokoknya slalu “dhonk” lah kalo diterangin sama guru itu.
            Tiba  tiba mataku tertuju pada seorang cowok tinggi, item, rambut nge-punk yang lagi main basket sama temen-temennya. Mataku tak berkedip memandangnya yang tengah sibuk men-drible bola basket. Namanya Yudha, cowok pindahan dari Bekasi. Dia masuk ke sekolahanku waktu awal kelas sebelas. Aku ngefanssssss banget ma doi. Di mataku, dia ku nilai 75 deh. Dia bakal dapet 90 kalo dia gak ngrokok and mabal. Ssstt, diem ya. Gak ada yang tahu kalo aku suka ma Yudha, termasuk Eva, sahabatku sendiri.
“ Dorrrrr ! “ Eva mengagetkanku.
“ Hayo, lagi liatin sapa lo ? Irvan ? Virgo ? Sapa sih……Inget lho, kata Mama….”
“ Iya, iya gue tau…Sapa juga yang bakal pacaran ! gue juga mau fokus ke skul dulu..” potongku saat Eva ngoceh.
“ Bagus deh kalo gitu. Gue juga uda bilang ma Ridho wat vakum. Scara, kita kan uda naik kelas tiga. Harus mikirin masa depan dunk……” Eva senyum – senyum seraya menggandeng lenganku.
Tumben tu anak ngerti. ..
*

Eva mengajakku hang-out berdua. Langsung aja aku mengangguk. Emang udah hobi ! Dengan langkah pasti, aku dan Eva menuju tempat parkir di belakang sekolah kami.
“ Cabuuuuut ! “
Aku dan Eva pergi ke mall bersama motor matic  kesayangan kami.  Tanpa sengaja, saat kami hendak parkir di parkiran mall, motorku menabrak seorang cowok yang sedang jalan. Aduh ! kok bisa yah ??
“ Ehm, so so sorr sorry, Kak “ ucapku gugup pada cowok tadi. Kayanya dia anak kuliahan, aku bisa liat dari jas yang ia pakai.
“ Gapapa..”
 Cowok itu tersenyum padaku. Senyumnya aneh, wajahnya terlihat pucat. Mungkin dia shock waktu kutabrak tadi. Dengan tak kuduga – duga ia memungut helm unguku yang jatuh. Kembali ia tersenyum. Waw, ini cowok ikutan iklan pasta gigi pa yah ? senyum mulu dari tadi. Apa jangan – jangan dia gila ? Waduh, pikiranku melambung ke langit menabrak para burung yang sedang terbang ria. Jreng !
“ Galih, “ katanya sembari mengulurkan tangannya ke arahku.
“ Ratna,” sahutku lirih.
“ Cie..serasi banget ni namanya. Oia, gue Eva” Eva menjabat tangan cowok itu sambil cengar-cengir. Dasar aneh ! Gila banget si ni anak. Gak punya malu pa ??
            Acara kenalan itupun selesai saat Kak Galih pamit pergi. Dia adalah mahasiswa sastra Indonesia semester empat di salah satu universitas favorit di kotaku. Sudah kuduga ! Selama window shopping, Si Eva malah ngomongin Kak Galih. Bener – bener bikin illfeel ni anak. Bawaannya ngomeeeel terus. Gak bisa brenti. Pantesan dia dipanggil nenek criwis ma temen – temen sekelasku. Pantes deh ! Aku hanya mengangguk merespon Eva. Sedikit menghargai. Huft !
***
                     Liburan tiga minggu kayanya cuepet banget. So fast ! Padahal aku belum ngapa – ngapain. Minggu kedua kemarin aku sama Eva ke Jogja, sekedar jalan-jalan. Tapi malah belanja banyak. Ada taslah, jaketlah, dompet. Segala macem. Dan yang lebih parah lagi aku ketemu sama Kak Galih waktu aku sama Eva jalan -jalan ke Malioboro. Si Eva kok ya aneh. Pakai acara nabrak dia segala. Akhirnya, kita makan bareng deh di sebuah resto yang menyajikan makanan tradisional Jogja.
            Akhir – akhir ini aku akrab sama Kak Galih. Dia crita banyak ke aku. Katanya, dia tinggal sama ayahnya. Orang tuanya telah lama bercerai. Mirip denganku, bedanya aku tinggal sama Mama, sedangkan papa telah meninggal semenjak aku bayi. Aku tak pernah menganggap dia spesial. Dia hanya seorang leleki yang beda usia denganku. Dikit !
                        Sementara itu, makin lama aku malah makin care ma Yudha. Aku pingin banget ngubah dia jadi “cowok bener “ dan ngilangin kebiasaan buruknya itu.
Suatu sore aku chat sama dia.

V :    Yud, kamu tuh sebenernya keren loh, pintar pula, tp sayang bgt kamu ngerokok…hmm….
Y  :  suka2 gw dong. Emg lo sapa gw. Ngatur2 !!!

Pertama kali aku chat sama dia, emang terasa kaku, apalagi entah kenapa aku langsung membawa dia ke percakapan “rokok”. So pasti dia balesnya super ketus ! Yudha emang gak begitu dekat sama aku. Tapi, lama – lama aku akrab juga ma dia. Pernah suatu hari dia kirimin aku sms :
“Na, ckrang gw uda lumayan ngurangin rokok. Emg sih semua butuh proses. Gw harap lo gag bakal pernah bosen support gw, thnx ya ”
            Hatiku melonjak gembira. Sepertinya, usahaku menyadarkannya mulai membuahkan hasil. Setiap hari aku chat sama dia. Kayanya nih, cintaku udah gak bertepuk sebelah tangan
lagi !

Suatu hari di kelasku…….di pagi hari yang cerah….
“ Eh Na, gue nemuin ini di meja lo tadi . Keburu gue ambil, takut diambil orang. Lo juga belum dateng….” Eva memberiku secarik kertas berwarna biru.
                        Indah matamu menyejukkan kalbuku. Kau hidupkan hatiku yang tlah lama membeku. Kau tumbuhkan lagi asaku yang tak menentu. Benih  benih rindu ini hadir untukmu wahai Bidadari kecilku…….
“ Gak ada pengirimnya,Va. Lo nemu ini dimana ? “ Aku kaget. Baru pertama kali ada orang yang iseng kirim puisi gombal gini ke aku.
“ Dibilangin di meja lo. Cie cie..secret admirer ! Ehm Ehm “ Eva berdehem
Kumasukkan kertas itu ke sakuku.
“ Biarin ajalah. Pengecut, kalo berani mgomong langsung gak usah pakai kirim puisi gini. Jadul” sungutku kesal.
Ternyata hal itu berlanjut. Keesokan harinya, kutemukan selembar kertas, masih dengan warna biru, dengan puisi – puisi mirip seperti sebelumnya.

Pesonamu sungguh membuatku terpaku.. Terpukau ku akan keindahan yang kau miliki. Senyummu merona menghapus perih di hati….
Aku akan manemukanmu. Dan kau pun begitu…..
Mungkin karena aku orangnya cuek, hal- hal kaya gitu gak penah kutanggepin. Tapi kali ini beda, bukan orang iseng yang sengaja miscall-miscall aku atau neror aku pakai sms. Tiba-tiba otak detektifku muncul. Kalau dalam seminggu ini “ Dia “ masih mengirimiku puisi, bener-bener harus diselidiki. Ternyata, dugaanku benar. Orang misterius itu masih saja begitu. Malah, kali ini disertai sekuntum lili putih.
“ Menurut gue dia anak sini, nyatanya dia slalu ngerti posisi duduk lo. Apa si Agus yah…dia kan naksir berat ama lo” Eva memberikan komen.
“ Ga mungkin si Agus. Dia kan pelit, lagian gue ga pernah mergokin dia kesini.  Kelasnya aja di pojok sono noh..” jawabku kesal
“ Oh, pasti Eka. Dia kan pernah nembak lo “ Eva terlihat berpikir. Dahinya yang lumayan mancung entu jadi kelihatan makin maju aja. He he he
Impossible ! Eka uda gak suka ama gue. Lagian dia tu bukan tipe cowok romantis. Palagi penyair. Asal lo tau aja. Tes bahasa Indo maren aja dia dapet nilai empat “ aku malah asyik membuka aib orang lain
“ Ha ha ha………” Kami tertawa bersama.
“Eeh…..Jangan-jangan Momon lagi. Kalo liat lo di ‘ kan suka senyum2 ndiri ?! “ timpal Eva
“ Duh, Bebiii, It’s unbelievable ! Tukang kebun baru itu emang suka senyum2 ga jelas kalo ngeliat cwe ! Udah ah biarin aja “ Aku mengakhiri perbincangan tentang someone misterius itu.
            Entah apa yang merasuki otakku, tiba -tiba aku kepikiran Yudha. Pasti dia ! Kalo emang bener dia, gapapa deh…It’s okay. I’ll be very happy pasti. Dengan semangat aku menuju kelasnya, tapi dia gak berangkat. Huh ! Gagal deh.
Sepulang sekolah aku ngebut naik motor. Eh, kok ada dua orang yang tiba-tiba aja menarik -narik tasku. Aku baru sadar kalo mereka adalah……jambrettt !
“ Jambret………….!!! “teriakku kencang. Aku terjatuh dari motor. Aku bener – bener putus asa. Jalanan terlihat sepi. Ga mungkin ada yang nolongin aku.
Tiba – tiba Kak Galih nongol di depanku.
“ Ini tas kamu ya ? “ Dia tersenyum kecil. Memang tak banyak bicara.
Tatapan matanya sayu. Bola mata kami beradu. Jantungku senam, berdegup kencang maksudnya. Mungkin udah ada lima menit aku cuma bengong di depannya. Baru aku sadar saat ia melambaikan tangannya di depan wajahku.
“ Ehm, iya. Ini punyaku. Makasih banget, Kak “ Aku tersipu malu.
“ Sini, Kakak aja yang nganterin kamu pulang. Kakak khawatir sama kamu. Wajah kamu shock banget kayanya. Lain kali hati – hati,ya. Motor kamu ditaruh di bengkel itu aja ” saran Kak Galih sambil menunjuk bengkel di sebrang jalan.
Aku hanya mengangguk saat dia menawarkan bantuan. Sepanjang perjalanan aku ngobrol sama Kak Galih. Seneeeng banget rasanya. Sejuk. Apa ini yah yang dinamakan cinta ? Trus perasaanku ke Yudha apa tuh namanya. Gak salah kok kalo Eva suka ma Kak Galih. Orangnya emang baik banget. Putih, tinggi, ramah, pinter pula. Baru pertama kali aku merasakan hal ini.
Tak terasa aku sampai di depan rumah.
“ Masuk yuk, Kak. Ada Mama di dalem “ ajakku
Namun dia hanya menggeleng
“ Lain kali, yah. Oh iya, motor kamu jangan lupa di ambil…” ujarnya sembari tersenyum.
Lama – lama aku terbiasa juga dengan senyum itu. Senyum penuh kharisma…
Kak Galih kemudian mendekat dan melepas helmku. Dia mendekatkan wajahnya dan he gives me………….He kisses me ! Kecupannya mendarat di dahiku.
Hatiku bahagia banget. Hari yang sungguh indah!
***
            Hari -hariku berjalan seperti biasa. Aku sibuk mempersiapkan diri untuk kuliah nanti. Semenjak  pertemuan terakhir kami, aku tak pernal lagi bertemu Kak Galih. Padahal, aku mulai menyayanginya. Entah sebagai apa. Mungkin karena aku juga kesal dengan Yudha yang malah jadian sama temen sekelasku, Reni. Tapi gak papa lah….
Aku bener – bener kangen sama Kak Galih ! Kucoba tuk telpon dia.
“ Kata mereka diriku slalu dimanja………”
Terdengar NSP Bunda yang ia pasang. Kak Galih……..
Huh ! Ga di angkat ! Aku berbaring di bed warna hijau pastel bermotif dedaunan di kamarku. Tiba-tiba….
I’ll be loving you forever…….Deep inside my heart you’ll leave me never” terdengar handphone dengan ringtone I’ll be loving You Forever by Westlife milikku berbunyi. Segera kuangkat. Kak Galih !
Dia hanya berkata, “ Kita ketemuan,ya…” suaranya terdengar sedikit parau.
Ia langsung  mematikan handphone-nya. Kak Galih kok gitu si…..
**
Aku pun bersiap utuk bertemu kak Galih. Udah siap ! Taraaaa !
Aku menunggu di taman. Dengan tenang aku duduk di bangku. Dari kejauhan terlihat Kak Galih menghampiriku. Dia membawa sekeranjang lili putih.
“ Ini yang terakhir.” Tiba – tiba Kak Galih berkata begitu
“ Maksud Kakak ? “ mataku berkaca-kaca.
Kak Galih hanya diam. Aku jadi ingat cowok misterius yang tempo hari mengirimiku puisi dan juga, lili putih. Apa mungkin Kak galih ???
Kemudian Kak Galih memelukku. Begitu erat. Entah mengapa aku sangat sedih. Hatiku terasa berat. Aku tah tahu apa yang akan terjadi padaku, pada kami.
Kak Galih mengecup lembut dahiku. Matanya menatapku tajam.
“ Kakak sayang sama kamu,Ratna “
Aku hanya terpaku. Diam membatu. Mematung. Kemudian tangannya menggenggam tanganku dan memberiku sebuah……………..kunci ! Ya, kunci.
“ Kakak mau kemana ? Ini buat apa ? “
“ Nanti kamu juga tau….Sekali lagi. Kakak sayang sama kamu “
Kemudian ia meninggalkanku sendiri yang tengah kebingungan. Aku pulang dengan langkah gontai, lesu. Apa maksud semua ini ?
*
            Sesampainya di rumah, Mama mengajakku menemui seseorang. Padahal aku baru saja pulang. Capek. Aku menyesal belum membalas pernyataan Kak Galih tadi. Seharusnya aku bilang “ Aku juga sayang sama kakak”. Tapi……..
“ Tapi ini penting. Ehm, hari ini Mama mau tunjukin sesuatu ke kamu. Ini tentang papa” Mama menjelaskan.
“ Apa ??? Papa ? mama mau kasih liat ke Ratna dimana makam papa?”
Tanpa berkata-kata lagi, mama menarik tanganku dan kamipun pergi, ke suatu tempat. Entah kemana…
Aku harus mempersiapkan mental untuk melihat makam seseorang yang kupikir telah meninggal, dan aku belum pernah melihatnya seumur hidup ! Ya, papa. Mama bilang, papa telah meninggal sejak aku bayi. Tapi hari ini, aku menerima kenyataan lain kalau papa ternyata masih hidup dan yang terjadi sebenarnya adalah mama dan papa telah bercerai.
            Mama mengendarai mobilnya menuju suatu tempat. Kemudian ia memberhentikan mobil. kesayangannya di sebuah rumah sakit internasional.
“ Rumah sakit ?? Siapa yang sakit,Ma…..? Bukannya kita mau ke makam,ya“
Mama tak menjawab. Ia menggandengku masuk.
Kulihat Mama sangat tergesa – gesa. Kemudian Beliau berhenti tepat di depan pintu bertulis “ Ruang 108 “. Beliau membuka pintu itu dan………..
“ Ha ??? Pak Erdo ?? “
Pak Erdo duduk di samping seseorang yang terbaring di dekatnya, entah siapa.
Kemudian Ia mendekati Mama dan membisikkan sesuatu di telinga mama sembari melirik ke lelaki yang terbaring di kasur rumah sakit itu.
“ Sayang, ini………ehm. Ini papa kamu “ kata Mama
Aku terbelalak. Papa ? Pak Erdo ? Apa maksud semua ini ?
“ Iya, Nak..Ini papa kamu. Maaf selama ini papa gak bilang sama kamu…” Pak Erdo menimpali.
Belum sempat aku mengerti, tiba – tiba mataku menatap pada seseorang yang terbaring dengan selang-selang yang terpasang di hidungnya. Incredible !
“ Kak Galih ??? “
Aku pusing. Mual. Entah apa yang terjadi padaku. Aku terjatuh. Saat aku bangun, Mama dan Pak Erdo sudah berada di sampingku.
“ Akan papa jelaskan……..”
Pak Erdo, papaku bercerita padaku semuanya. Ya, semuanya. Ternyata, pria kurus yang ada di tempat tidur itu memang benar bernama Galih. Yang sungguh tak kuduga, Mama bercerita bahwa dia adalah kakakku, kakak kandungku. Semenjak perceraian mama dan papa-yang setahuku papa meninggal, Kak Galih diasuh oleh papa, sedangkan aku yang masih begitu kecil diasuh Mama. Aku langsung menangis. Deras dan makin deras air mata yang terjatuh. Dengan sisa tenaga yang kumiliki, aku mendekatinya.
“ Kakakmu koma selama tiga tahun……Dia selalu ingin bertemu dengan adiknya, kamu.. Kondisinya memburuk dan dokter sudah tak bisa berbuat banyak lagi..” Pak Erdo bergumam sendu.
“ Jadi….” Aku tak dapat berkata-kata lagi. Kuraih diary biru yang tergeletak di meja samping tempat tidur itu.
“ Papa menemukan diary itu di tas kakakmu sebelum dia kecelakaan…..Papa sangat menyesal tidak pernah mempertemukan kalian. Galih begini juga karena ia ingin mencarimu, sampai akhirnya sebuah truk menghantam tubuhnya. Dan…” papa menangis, ia tak sanggup melanjutkan kalimatnya.
Tiba-tiba aku teringat sebuah kunci mungil yang diberikan oleh Kak Galih padaku tadi siang.
Kumasukkan kunci itu ke dalam diary yang memang dikunci. Cocok. Bener -bener nggak bisa dipercaya ! Aku membukanya pelan.

20 November ‘05
Aku ingin bertemu adikku………..
 Tubuhku lemah. Rasanya aku tak punya daya lagi. Kubuka lembar berikutnya. Tak ada tanggal yang tertera. Yang lebih mengejutkan lagi, kertas – kertas itu terisi puisi-puisi yang sama persis seperti yang pernah seseorang kirim ke aku. Persis. Dan kertas biru yang dikirim padaku bersama puisi-puisi itu, sama dengan lembar diary Kak Andy. Aku mengerti sekarang. Kupeluk erat tubuh yang tergeletak lemah itu.
“ Aku sayang sama Kakak……..” air mataku tumpah.
Tak lama setelah ku ucapkan kata itu, garis zig-zag yang ada pada monitor pengontrol di sebelahku menjadi garis panjang. Dan orang tuaku berteriak meminta bantuan dokter.
“ Innalilihi wa inna ilaihi roji’un………” kata dokter itu.
“Kakak……….”
Kami menangis. Kak Galih telah pergi untuk selamanya.
 Tapi aku tahu. Aku mengerti. Kak Galih ingin berpamitan padaku. Kulihat bayangnya di pojok ruang kamar, melambai ke arahku sambil tersenyum.
Selamat jalan, Kak.
Kami akan selalu berdoa untukmu.
Tamat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENANG LOMBA FOTO INSTAGRAM

Kembang Ilalang di Padang Gersang

Kisah pkl (Tulisan ini telah dipublikasikan di laman web National Geographic Indonesia sebagai kompetisi cerita “Travel Mate” yang diadakan oleh NatGeo Indonesia)